Senin, 19 Maret 2012

Metode Simulasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Pada proses pembelajaran di sekolah diberikan sepenuhnya oleh pihak sekolah sebagai otonomi sekolah. Setiap pendidik diberi amanah untuk mencari formulasi baru dalam meningkatkan hasil belajar siswa karena tidak dapat dipungkiri bahwa hasil belajar siswa akan menjadi rendah jika metode, strategi dan model yang digunakan oleh seorang pendidik masih konvensional.
Metode pembelajaran sangat bervariatif, sebagai pendidik kita dapat memilih metode yang mana akan dipilih sesuai dengan tujuan pemberlajaran dan standar kompetensi yang akan diajarkan, salah satu metode yang baik digunakan adalah metode simulasi, metode ini sangat membantu dalam meningkatkan pemahaman siswa pada proses pembelajaran khsususnya pembelajaran bahasa Indonesia dengan materi membacakan teks berita. berikut akan dipaparkan tentang metode simulasi.
A. Pengertian simulasi
Simulasi dalam KBBI artinya metode pelatihan yg meragakan sesuatu dl bentuk tiruan yg mirip dng keadaan yg sesungguhnya; 2 penggambaran suatu sistem atau proses dng peragaan berupa model statistik atau pemeranan.

Law and Kelton menyatakan (dalam Indra Awan, 2010:1) bahwa Simulasi merupakan suatu teknik meniru operasi-operasi atau proses- proses yang terjadi dalam suatu sistem dengan bantuan perangkat komputer dan dilandasi oleh beberapa asumsi tertentu sehingga sistem tersebut bisa dipelajari secara ilmiah.
Berdasarkan pengertian di atas maka dapat disimpulkan bahwa simulasi adalah meniru suatu kegiatan  sesuai dengan apa yang terjadi sebenarnya.
B.      Kelebihan dan Kekurangan Metode Simulasi
Setiap metode pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, tak ada metode yang sempurna, namun tetap pendidik mencoba mengaplikasikan dalam proses pembelajaran sehingga diharapkan menjadi sempurna., berikut ini akan dijelaskan tentang kelebihan dan kekurangan dari metode simulasi seperi dikutip pada http://www.papantulisku.com, yaitu:
1.      Kelebihan Metdoe simulasi
a.     Simulasi dapat dijadikan sebagai bekal bagi siswa dalam menghadapi situasi yang sebenarnya kelak, baik dalam kehidupan keluarga, masyarakat, maupun menghadapi dunia kerja.
b.    Simulasi dapat mengembangkan kreatifitas siswa, karena melalui simulasi siswa diberi kesempatan untuk memainkan peran sesuai dengan topik yang disimulasikan.
c.    Simulasi dapat memupuk keberanian dan percaya diri siswa.
d.   Memperkaya pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi berbagai situasi sosial yang problematis.
e.    Simulasi dapat meningkatkan gairah siswa dalam proses pembelajaran.

2.      Kelemahan metode simulasi
Di samping memiliki kelebihan, metode simulasi juga memiliki kekurangan, di antaranya :
a.    Pengalaman yang diperoleh melalui simulasi tidak selalu tepat dan sesuai dengan kenyataan di lapangan.
b.    Pengelolaan yang kurang baik, sering simulasi dijadikan sebagai alat hiburan, sehingga tujuan pembelajaran menjadi terabaikan.
c. Faktor psikologis seperti rasa malu dan takut sering mempengaruhi siswa dalam melakukan simulasi

C. Simulasi dalam membacakan berita

Pada pembelajaran bahasa Indonesia, materi membacakan berita terlebih dahulu siswa diberikan tema  lalu diajak menonton, menyimak berita, dan memperhatikan cara membawakan berita mulai dari awal hingga teknik penyampaian berita tersebut melalui Video pembelajaran yang diambil dari salah satu website atau di Youtube tentang berita yang terhangat. 
Setelah ditayangkan dua kali, siswa membuat berita serupa dengan bahasanya sendiri sehingga memudahkan untuk menghafal dan mencari intonasi yang sesuai dengan apa yang diharapkan. kemudian siswa  mulai latihan sesama teman kelompoknya, setelah merasa bahwa mereka sudah dapat tampil maka meja diatur sesuai dengan setting dalam membacakan berita seperti yang dikehendak setiap kelompok siswa.

Daftar pustaka:
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, 2008,  Kamus Bahasa Indonesia.  Jakarta.
Awan, Indra, 2010. Dasar teori, indraaawan.blog.uns.ac.id/files/2010/04/dasar-teori.pdf dikutip online pada tanggal 29 Februari 2012
http://www.papantulisku.com,2010. Metode simulasi dikutip pada 3 januari 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar