ABSTRAK
Pada proses pembelajaran, seorang siswa dapat belajar di
mana saja, termasuk lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan
kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan memanfaatkan lingkungan. Data
dikumpulkan dengan menggunakan instrument penelitian berupa tes dan observasi
mengenai kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan memanfaatkan lingkungan
pada siswa kelas IX MTs. Darussalam Barandasi untuk mengukur kemampuan siswa
dalam menuli puisi maka yaitu seberapa besar tingkat kemampuan siswa dalam menulis
puisi mengenai tema, amanat, rasa, diksi dan majas. Data dianalisis dengan
nilai persentase.
Hasil penelitian menujukkan bahwa
media lingkungan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi.
Penelitian yang dilakukan dengan dua siklus yang siklus I belum ada peningkatan
karena tidak sesuai dengan standar ketuntasan minimal sedangkan pada siklus
kedua sudah terjadi peningkatan karena nilai rata-rata sudah mencapai standar
ketuntasan minimal yaitu 78,70. dengan rincian yaitu tidak adalagi yang
memeliki nilai kurang, siswa yang memiliki kemampuan menulis puisi dengan
kategori cukup sebanyak 14 orang atau 45,16 persen, siswa yang memiliki kemampuan yang baik
dalam menulis puisi sebanyak 10 orang atau 32,25 persen, dan siswa yang menulis puisi pada kategori
sangat baik sebanyak 7 orang atau 22,58 persen. Maka dari
itu dapat simpulkan bahawa terjadi peningkatan kemampuan menulis puisi siswa
kelas IX MTs. Darussalam Barandasi dengan memanfaatkan lingkungan .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar